Rabu, November 22, 2017

Bersatu di Antara Keberagama Itu Indah



Meskipun telah memasuki usia kepala lima, paras cantik Maya Rumantir tetap menjadi pusat perhatian dimana pun dia berada. Dari kota hingga ke pelosok-pelosok desa, kehadiran Maya Rumantir selalu ditunggu. Masyarakat datang berduyun-duyun bukan hanya ingin melihat paras ayu wanita kelahiran Ujung Pandang ini, namun lebih dari itu. Masyarakat mengagumi semangat Maya sejak muda, semangat  yang tidak pernah pudar demi mewujudkan "Indonesia Bersinar".


Masyarakat dari Sabang sampai Merauke ingin bersama-sama Maya, bahu-membahu mewujudkan cita-cita Indonesia  bersatu. Bersatu membangun dan mengharumkan nama bangsa dalam keanekaragaman budaya, adat istiadat, serta  keberagaman agama dan kepercayaan masing-masing. Perbedaan bukan alasan bahwa putra-putri bangsa tidak dapat bersatu. Justru karena menyadari perbedaanlah maka Indonesia menjadi kuat dan kaya. Jadi, kenyataan anugerah perbedaan yang ada di Indonesia sejak jaman dahulu sudah sepatutnya disyukuri. Bersatu bukan berarti  identitas diri melebur dan menjadi hilang.     

Tetaplah bangga dengan budaya dan agamanya masing-masing. Bersatu bukan berarti mencapuri wilayah privasi individu untuk menjalankan agama atau kepercayaannya. Bersatu adalah satu seruan atau ajakan untuk membangun bangsa Indonesia menjadi bangsa yang bermartabat dan sejahtera. 

Berbeda itu indah. Lihatlah warna-warni pelangi, mengapa pelangi itu indah? Pelangi itu indah karena banyaknya warna-warni disana. Warna-warni itu tetap dapat menunjukkan identitasnya masing-masing,  artinya sepanjang jaman warnanya tidak pernah melebur atau bias. Setiap orang yang melihat pelangi, semua orang  dapat dengan mudah mengenali warna-warninya: merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu. Begitulah Negara Kesatuan Republik Indonesia ibarat pelangi. Betapa indahnya. Nah, apa warnamu?

"Kebenaran meninggikan derajat bangsa, tetapi dosa adalah noda bangsa. Mari bangkit membangun dunia damai: merajut cinta, meredam perbedaan. Cinta menipiskan perbedaan, bukan perbedaan menipiskan cinta. Siapa pun kita mari curahkan kasih dan wujudkan Indonesia Bersinar," ungkap Maya.


Maya Rumantir adalah penggagas ide Indonesia Bersinar (Bersaksi dengan benar. Indonesia Bersinar: bersih narkoba. Indonesia Bersinar=bersih dan benar). Indonesia bersinar selamatkan generasi masa depan. Shining Indonesia, Shining The World, Save The Future Generation). 

Menurut Maya, salah satu misi "Indonesia Bersinar" adalah untuk menyelamatkan generasi muda sebagai generasi masa depan yang akan mengharumkan bangsa ini. (re)

0 komentar:

Posting Komentar