Senin, Desember 04, 2017

Brigitta Els Rumantir (89 Tahun), Seorang Ibu yang Indah Luar dan Dalam

Memperingati hari ulang tahun bagi keluarga besar Rumantir bukan semata-mata sebuah ritual rutin kumpul-kumpul keluarga merayakan anugerah hidup yang ditandai dengan umur panjang. Lebih dari itu, ulang tahun adalah sebuah momen penting menaikkan ucapan puji dan syukur kepada Allah Pencipta. 

Pada hari Jumat 1 Nov 2017 siang kemarin, seluruh keluarga besar Rumantir, Hutasoit, dan warga Katholik di lingkungan kediaman Maya Rumantir Hutasoit di Cipete-Jakarta Selatan mengikuti Misa ulang tahun Ny Brigitta Els Rumantir  yang ke-89.  Misa tersebut dipimpin Pastor RD. Rofinus Neto Wuli, S.Fil, M.Si (Han).

Ny Brigitta Els Rumantir di tengah-tengah putra-putri dan menantu tercinta
Di usianya yang sudah sepuh, wanita kelahiran Makasar 30 November 1928 nampak terlihat tetap sehat, segar, energik. Paras cantiknya pun seakan masih belum memudar. Selain itu, Oma Brigitta yang hanya dikenal sebagai ibu rumah tangga biasa ini ternyata telah menghantarkan ke-8 putra dan putrinya menjadi pribadi yang mengasihi Tuhan, mencintai negara NKRI, dan berperan aktif dalam berbagai kegiatan sosial-masyarakat dimana pun mereka berdomisili. 

Menurut Pastor Rofinus yang akrab dipanggil Ronny, rahasia bugar Oma Brigitta di masa tuanya ini yaitu karena Oma Brigitta indah luar dan dalam. Selain dianugerahi paras cantik, ternyata Oma Brigitta adalah seorang ibu pendoa yang setia bagi anak-anaknya, bagi masyarakat di sekitarnya, dan juga negara Indonesia yang dicintainya.  Jiwa yang indah adalah jiwa yang selalu rindu dekat dengan Tuhan Sang Pencipta dan setia membaca firman Tuhan. Jadi dengan demikian Oma Brigitta merupakan sosok panutan yang dapat dicontoh bagi generasi muda yang hidup di jaman "now", generasi milenia.


Aktivitas Pastor Ronny sebagai Pastor Moderator Lembaga Vox Point Indonesia (VPI) bersama Maya Rumantir Hutasoit,  menghantarkan  Pastor Ronny bersama rekan lainnya di VPI beberapa kali melakukan rangkaian diskusi di kediaman Maya. Dalam kesempatan tersebut, jelas Pastor Ronny, dia bertemu langsung dengan sosok ibu kandung Maya Rumantir sehingga sedikit demi sedikit dapat mengenal pribadi Oma Brigitta. 

VPI merupakan sebuah lembaga yang diharapkan menjadi sarana bagi para awam Katolik untuk berkontribusi nyata dalam kegiatan sosial politik di tanah air Indonesia. Ada pun latar belakang anggota VPI berasal dari berbagai profesi seperti pengusaha, politisi aktivis HAM, pegiat Gereja, birokrat, akademisi, purnawirawan TNI/Polri, pekerja media, dll.

Senada dengan ungkapan Pastor Ronny tersebut, Maya pun mengaku sangat mengagumi Ibundanya. Ibunda Brigitta setia memberikan waktunya untuk Tuhan. Sosok Ibundanya yang seorang pendoa tersebut menjadi inspirasi bagi anak-anaknya maupun cucu serta cicitnya agar berusaha menjadi pribadi yang indah luar dan dalam.  

Ketika kita banyak mengerti tentang suara Tuhan dan firman-Nya, maka kita akan dapatkan hal yang indah, yaitu Tuhan membentuk jiwa kita. Kehendak atau setiap keinginan akan  dikendalikan oleh Roh Kudus sehingga insan manusia dapat menjadi pribadi yang indah luar dan dalam 

Menurut Maya, setiap manusia dapat menjadi pribadi yang kuat jika hidup dalam firman Tuhan. 

"Yang penting dalam hidup ini adalah kuat dalam firman Tuhan," ungkap Maya.
Maya Rumantir Hutasoit bersama suami, anak, dan ibunda 

Ternyata ada sebuah lagu yang diciptakan Maya Rumantir sebelum  dirinya dipersunting oleh Ir. Takala Gerald Manumpak Hutasoit. Lagu tersebut diberi judul 'Indah Luar dan Dalam." 

"Saat ingin mengenal Yesus Al-Masih, saya berusaha terus belajar. Saya ingin memberikan waktu yang terbanyak bagi-Nya, Tuhan. Saya mau mendengarkan suara Tuhan, membaca firman Tuhan dan juga melayani pekerjaan Tuhan," kata ibu dari seorang remaja putri bernama Kiara Hutasoit ini. 

Lanjut Maya, Talking with Love berbeda dengan Talking about Love. Mungkin banyak orang yang banyak belajar tentang firman Tuhan pandai berbicara tentang firman Tuhan (Talking about Love). Tetapi yang Tuhan tuntut juga dari setiap  kita umatnya adalah mempunyai waktu atau menyediakan waktu untuk Talking with Love, punya waktu berbicara dengan Tuhan.

Pada kesempatan acara ulang tahun tersebut, Ny Brigitta Els Rumantir beserta anak-anak dan menantunya mendapat kado istimewa dari Uskup Agung KAJ Mgr. Ignatius Suharyo, yaitu berupa kalung Rosario merah-putih yang telah diberkatinya secara langsung.

Kebahagian Oma Brigitta semakin lengkap dengan kehadiran maupun doa-doa dari semua putra-putri, menantu dan cucu-cucunya tercinta, baik yang berdomisili di Jakarta, Makasar, Canada, dan USA. (re)

🎂 Selamat Ulang Tahun ke-89 Brigitta Els Rumantir 🎂


0 komentar:

Posting Komentar